Mengenal lebih Dalam Penyakit Susah Tidur

0
513

Penyakit susah tidur atau insomnia adalah salah satu penyakit yang sangat umum terjadi di banyak kalangan masyarakat. Penyakit ini adalah penyakit yang banyak diasumsikan sebagai hal yang remeh karena tidak mengakibatkan perlunya diambil langkah – langkah drastis untuk penanggulangannya. Umumnya, penyakit ini memiliki gejala tidak bisa tidur di malam hari karena merasa tidak mengantuk. Ada beberapa penderita yang mengaku mereka susah tidur sampai pada jarak waktu tertentu, contohnya tidak bisa tidur jika belum lewat tengah malam. Ada pula yang tidak bisa tidur sama sekali di malam hari dan nantinya akan tertidur dengan sendirinya di pagi atau siang hari berikutnya. Ada pula yang malah tidak bisa tidur selama berhari – hari karena merasa tidak mengantuk sama sekali. Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya dalam jangka pendek, tetapi jika dibiarkan akan sangat berbahaya pada jangka panjang.

300x250_bagaimanacara2

Penyebab Penyakit Susah Tidur

  1. Gangguan Psikis

Penyakit susah tidur atau insomnia bisa saja terjadi karena penderitanya mempunyai gangguan psikis tertentu yang mencegahnya untuk merasa lelah dan mengantuk ketika sudah menjelang waktu umum untuk tidur. Gangguan psikis ini bisa bermacam – macam bentuknya. Contohnya adalah phobia. Phobia yang kita bicarakan ini adalah phobia dengan tempat gelap. Umumnya, orang tidur selalu dalam keadaan lampu dimatikan atau hanya menggunakan lampu tidur yang remang saja. Tetapi ada beberapa orang yang memang takut untuk berada dalam kegelapan sehingga sangat sulit bagi mereka untuk tidur dalam keadaan gelap dan mereka juga akan sulit tidur dalam keadaan terang benderang. Gangguan ini bisa dicegah dan diobati dengan cara terapi kepada psikiater dan kemauan yang keras.

 

  1. Gangguan Fisik

Penyakit susah tidur ini juga bisa saja terjadi karena ada gangguan fisik yang dialami oleh penderita. Gangguan fisik meliputi penyakit – penyakit yang diderita oleh penderita insomnia sehingga mencegahnya untuk merasa mengantuk pada saat menjelang tidur. COntoh dari gangguan fisik ini adalah penyakit rematik. Penyakit rematik biasanya kambuh pada saat udara sedang dingin dan malam hari umumnya akan terasa lebih dingin dari siang hari. Penderita penyakit ini biasanya akan merasakan sakit yang luar biasa pada persendian tertentu saat malam hari dan akan sangat sulit untuk tidur kecuali mereka sudah kelelahan dan tertidur dengan sendirinya setelah sekian lama menahan sakit dan tidak bisa tidur karenanya.

 

  1. Gangguan Lain

Penyakit susah tidur juga bisa terjadi karena gangguan lain yang berasal dari luar tubuh kita seperti lingkungan atau keadaan. Contoh umumnya adalah jika kita tidur dengan pasangan atau teman kita yang suka mendengkur, ada kemungkinan kita akan jadi susah tidur karena terganggu dengan suara dengkuran mereka. Memang terdengar lucu, tetapi ada beberapa kasus dimana penderita dengan gangguan semacam ini menjadi stress dan gampang sakit. Contoh yang lain adalah gaya hidup. Gaya hidup seseorang juga sangat berpengaruh kepada munculnya penyakit ini. Contohnya, jika kita bergaul dengan sekelompok orang yang sangat suka berkumpul di malam hari dan kegiatan tersebut berlangsung hingga pagi hari, maka dalam beberapa hari saja kita bisa menderita penyakit ini walaupun sedang tidak berkumpul dengan teman – teman anda. Ini disebabkan karena jam biologis tubuh anda sudah sedikit menyesuaikan dengan beberapa hari tidak tidur di malam hari.

Penyakit ini walaupun terdengar agak lucu karena tidur merupakan salah satu perbuatan yang paling gampang dilakukan, tetapi penyakit ini nyatanya diderita oleh banyak orang dan tidak sedikit dari mereka yang mendapatkan kerugian yang besar karena penyakit ini. Salah satu dampak jangka panjang dari penyakit ini yang berbahaya adalah rentannya si penderita terhadap penyakit – penyakit seperti darah tinggi, terganggunya metabolism tubuh, dan lain – lain. Hal – hal ini terjadi karena tubuh kita sudah didesain untuk mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari dan ketika hal ini tidak bisa terpenuhi dalam waktu yang lama, maka lambat laun kita akan mendapatkan dampak yang tidak kita sangka – sangka. Maka dari itu, sangatlah tidak bijaksana jika kita meremehkan penyakit susah tidur ini dan kita harus segera mengobatinya jika kita sudah menunjukkan tanda – tanda susah tidur.

bagaimanacara
SHARE